Dinas Kebersihan DKI Luncurkan TPS Mobile

Demi Meminimalisasi 168 TPS Liar

Dinas Kebersihan DKI Luncurkan TPS Mobile
Dinas Kebersihan DKI Luncurkan TPS Mobile
JAKARTA - Dinas Kebersihan DKI Jakarta memastikan akan meluncurkan 17 unit TPS (tempat pembuangan sampah) mobile (layanan bergerak), untuk diterjunkan ke lima wilayah DKI. Kendaraan pengangkut sampah setara dengan kontainer itu akan berkeliling ke pemukiman warga, untuk mengangkut sampah masyarakat. Tujuannya, agar semakin banyak sampah yang diangkut, dan bisa minimalisasi keberadaan TPS liar yang saat ini jumlahnya masih ada 168 lokasi.

"Selain mengoperasikan TPS mobile, juga akan dioperasikan gerobak motor. Itu untuk mengantisipasi sampah yang ada di gang-gang kecil yang tidak bisa dimasuki kendaraan besar," ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI, Eko Bharuna, kemarin (10/2).

Disebutkan, jumlah gerobak motor sendiri saat ini ada 40 unit. Pada APBD 2011 ini, ditambah lagi 80 unit. Sementara untuk TPS mobile, baru ada 17 unit, lantaran masih dalam tahap ujicoba. Jika hasilnya efektif, kendaraan akan ditambah lagi.

Menurut Eko lagi, keberadaan TPS liar di lima wilayah DKI memang cukup mengganggu. Baik mengganggu kesehatan masyarakat maupun lingkungan sekitar. Dengan dioperasikannya TPS mobile dan gerobak motor diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan atau di TPS liar.

JAKARTA - Dinas Kebersihan DKI Jakarta memastikan akan meluncurkan 17 unit TPS (tempat pembuangan sampah) mobile (layanan bergerak), untuk diterjunkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News