Ditunjuk jadi Wasit Final Euro 2016, Clattenburg Memang Istimewa

Ditunjuk jadi Wasit Final Euro 2016, Clattenburg Memang Istimewa
Mark Clattenburg. Foto: AFP

jpnn.com - PARIS - Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg mendapat kehormatan dipilih mengadili laga puncak Euro 2016. Final yang akan mempertemukan Portugal vs Prancis di Stade de France, Saint-Denis itu digelar Senin (11/7) dini hari WIB.

Penunjukan ini membuat Clattenburg menjadi wasit yang istimewa. Dia menjadi wasit kedua setelah Pedro Proenca asal Portugal yang memimpin final Euro dan Liga Champions di tahun yang sama. Pada partai puncak Liga Champions lalu, Clattenburg lah yang memimpin laga antara Real Madrid versus Atletico Madrid.

Catatan keistimewaan Clattenburg belum usai. Pria yang memulai karier menjadi wasit pada tahun 1993 itu mengikuti jejak Arthur Holland. Clattenburg menjadi wasit kedua asal Inggris yang memimpin final Euro setelah Holland pada tahun 1964.

Ini akan menjadi partai final ketiga hingga saat ini bagi Clattenburg. Pada Mei lalu, pria berusia 41 tahun itu juga menjadi pengadil pada partai final Piala FA antara Manchester United kontra Crystal Palace.

Clattenburg akan dibantu oleh dua asisten, yakni Simon Beck dan Jack Collin. Sementara itu Anthony Taylor dan Andre Marriner akan menjadi asisten Clattenburg lainnya.

Clattenburg sendiri sejauh ini sudah memimpin tiga pertandingan pada Euro 2016. Dia mengeluarkan total 13 kartu kuning dan belum sekalipun mengeluarkan kartu merah.

Sementara itu pada Premier League musim 2015-16 lalu, Clattenburg total memimpin 46 laga. Dia mengeluarkan 162 kartu kuning dan tujuh kartu merah. (zul/jpg/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News