DKI Jakarta Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional

DKI Jakarta Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional
Medali. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com, MAKASSAR - Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ditutup secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di GOR Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/10). Tampil sebagai jawara adalah kontingen Provinsi DKI Jakarta dengan menyabet 51 emas, 32 perak, dan 35 perunggu.

POMNas diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetensi olahraga mahasiswa. POMNas juga merupakan ajang penyelenggaraan olahraga yang dilaksanakan secara multi-event tingkat nasional setiap dua tahun sekali oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI).

Dalam pengarahannya Menteri Nasir menyampaikan, kegiatan ini bagian dari mencari bibit-bibit unggul atlet Indonesia. Melalui POMNas inilah perguruan tinggi berkontribusi dalam melahirkan atlet-atlet nasional.

"POMNas menjadi ajang silaturahmi antar insan olahraga perguruan tinggi dan menjadi wahana untuk membangun soliditas serta kohesivitas anak bangsa dari seluruh tanah air yang bisa memberikan dampak bagi kehidupan sosial yang lebih harmonis," ujar Nasir.

POMNas XV tahun 2017 diikuti 2.645 atlet serta 1.096 official dari 33 kontingen pemprov dari seluruh Indonesia.

Menteri Nasir menambahkan Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Games 2018, dan mengharapkan ada atlet-atlet POMNas yang bisa berlaga pada acara tersebut.

Untuk mendukung prestasi olahraga mahasiswa di tingkat Internasional, terdapat 16 cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan dalam event ini yang mengacu pada POM ASEAN dan Universiade. Yang menarik dalam pelaksanaan POMNas XV tahun ini adalah masuknya cabang olah raga Tarung Derajat sebagai cabang olahraga berciri khas Indonesia yang dimenangkan oleh tuan rumah Sulawesi Selatan. Lima medali cabang Tarung Derajat diboyong oleh kontingen Sulawesi Selatan yang diraih oleh peserta mahasiswa dari Universitas Patria Artha, Makassar.

Dalam POMNas di Makassar ini juga tercatat rekor nomor lompat jauh putera dengan lompatan sejauh 7,90 m atas nama Sapwaturrahman S, atlet BAPOMI NTB yang melampaui rekor nasional 7,85 meter.(esy/jpnn)

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetensi olahraga mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News