DPR Didesak Segera Gelar Fit and Proper Test Pimpinan KPK

DPR Didesak Segera Gelar Fit and Proper Test Pimpinan KPK
DPR Didesak Segera Gelar Fit and Proper Test Pimpinan KPK
JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi III untuk segera melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap dua calon pimpinan KPK, Busyro Muqoddas dan Bambang Wijojanto. ICW menganggap tahapan seleksi tersebut dinilai sudah terlalu lama tertunda.

“Proses seleksi semakin berlarut-larut dengan tidak jelasnya jadwal dan rencana fit and proper test di Komisi III,” kata Febri Diansyah, Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW, Senin (8/11).

Padahal, kata Febri, Presiden SBY sudah menyerahkan nama calon Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas kepada DPR sejak 31 Agustus 2010 lalu. “Sekarang sudah lebih dua bulan, tetapi belum jelas kapan dilaksanakan,” ujarnya.

Namun ternyata, ICW melihat agenda fit and proper test diulur-ulur dengan berbagai alasan. Misalnya, karena DPR ingin memilih Kapolri terlebih dahulu maupun karena karena berbenturan dengan masa reses.

JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi III untuk segera melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News