El Tri Andalkan Pengalaman

El Tri Andalkan Pengalaman
PENGALAMAN - Salah satu suasana latihan timnas Meksiko, di Waterstone College, Johannesburg, Sabtu (5/6) lalu. Foto: AFP Photo/Omar Torres/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Dilihat dari berbagai segi, Meksiko memang lebih layak diunggulkan atas Afrika Selatan. Tapi buat Meksiko sendiri, yang paling membuat mereka yakin bisa memetik poin penuh nanti malam adalah faktor statistik. Ya, Meksiko punya sejarah yang lebih panjang dan mengkilap di pentas Piala Dunia (PD). Secara tidak langsung, pengalaman turut mengasah mental tanding mereka di even akbar empat tahunan ini.

El Tri - sebutan Meksiko - merupakan satu dari 13 negara yang ikut dalam PD perdana 1930. Hingga sekarang, mereka sudah berpartisipasi sebanyak 13 kali, plus sempat mencapai perempat final edisi 1970 dan 1986. Sejak 1994, mereka juga selalu lolos ke babak kedua. Di sisi lain, ditambah edisi kali ini, Afsel baru tiga kali mencicipi aroma putaran final PD. Di dua edisi sebelumnya, 1998 dan 2002, mereka selalu tersisih di fase grup.

Dari sektor pemain, punggawa El Tri juga jauh lebih berpengalaman. Beberapa pemain di skuad Aguirre sekarang banyak yang berstatus veteran PD 2006. Antara lain defender Carlos Salcido, Andres Guardado, sampai Guillermo Ochoa. Jangan dilupakan pula, senior macam Rafael Marquez dan Cuauhtemoc Blanco yang bahkan sudah gabung dengan timnas sejak PD 2002.

"Saya tidak punya kekhawatiran (soal peluang Meksiko). Sama sekali tidak khawatir," ungkap pelatih El Tri, Javier Aguirre, kepada Peace Online. "Sejarah Meksiko di ajang ini sangat bagus, dan fakta itu membantu membangun karakter anak buah saya," lanjutnya.

JOHANNESBURG - Dilihat dari berbagai segi, Meksiko memang lebih layak diunggulkan atas Afrika Selatan. Tapi buat Meksiko sendiri, yang paling membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News