Formappi Curiga, MKD Kok Tertutup Garap Setya Novanto

Formappi Curiga, MKD Kok Tertutup Garap Setya Novanto
Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang menilai wajar jika masyarakat curiga terhadap Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI yang melakukan sidang tertutup untuk pemeriksaan pihak teradu Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus Papa Minta Saham.

“Putusan MKD yang melakukan sidang tertutup hari ini untuk memeriksa Setya Novanto akan mengundang kecurigaan dari publik. Sebab publik tidak lagi bisa memperoleh informasi dari pihak teradu Ketua DPR Setya Novanto,” kata Sebastian Salang, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (7/12).

Mestinya, kata Sebastian, sidang MKD untuk pemeriksaan Setya Novanto digelar terbuka saja sama halnya ketika MKD memeriksa pihak pengadu Menteri ESDM Sudirman Said dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, selaku pihak yang merekam pembicaraan.

“Sudirman dan Maroef, diperiksa secara terbuka oleh MKD dan publik bisa mengetahui proses yang terjadi. Lagi pula, tidak ada keributan yang terjadi baik di dalam persidangan maupun di luar ruang sidang,” tegasnya.

Sidang MKD yang tertutup ini, menurut Sebastian, justru akan merugikan MKD dan Ketua DPR. Sebab akan memunculkan berbagai kecurigaan publik terhadap DPR, MKD dan pihak teradu Setya Novanto.(fas/jpnn)


JAKARTA – Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang menilai wajar jika masyarakat curiga terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News