Gawat, China Sudah Surplus Laki-Laki

Gawat, China Sudah Surplus Laki-Laki
Foto: Internet.
BEIJING - Lebih dari 24 juta laki-laki usia perkawinan di Cina, dilaporkan bisa saja tak akan mendapatkan istri pada 2020 nanti. Demikian antara lain kesimpulan yang dibuat oleh sebuah kajian dari Chinese Academy of Social Science, seperti dilaporkan situs BBC, Senin (11/1) siang WIB.

Ketidakseimbangan gender yang ada pada bayi-bayi yang baru lahir memang telah menjadi problema di negeri itu. Menurut kajian tersebut, dengan populasi warga sebesar 1,3 miliar, salah satu penyebab dari masalah ini adalah kecenderungan perbuatan aborsi untuk jenis kelamin tertentu (wanita).

Sebagaimana banyak diketahui pula, hal tersebut ikut dipengaruhi oleh kepercayaan tradisional Cina menyangkut (pentingnya) keberadaan anak laki-laki. Riset itu pun menegaskan bahwa aborsi dengan melihat jenis kelamin itu merupakan sesuatu yang "lazim" di Cina.

Kenyataan itu memang tak terbantahkan, terutama di daerah pedesaan. Kebiasaan itu bahkan kian parah sejalan dengan hadirnya teknologi USG sejak era 1980-an. Data terakhir menunjukkan bahwa dalam setiap 100 bayi perempuan yang lahir di Cina, sebanyak 199 bayi laki-laki juga dilahirkan.

BEIJING - Lebih dari 24 juta laki-laki usia perkawinan di Cina, dilaporkan bisa saja tak akan mendapatkan istri pada 2020 nanti. Demikian antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News