Gempa 5,4 SR, Dua Lusin Tewas

Gempa 5,4 SR, Dua Lusin Tewas
Gempa 5,4 SR, Dua Lusin Tewas
BEIJING - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter (SR) mengguncang kawasan barat daya Tiongkok kemarin (10/3). Sedikitnya 24 orang tewas dan sekitar 207 lainnya terluka akibat gempa yang meluluhlantakkan ratusan rumah di perbatasan Tiongkok dan Myanmar tersebut.

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (AS) alias USGS melaporkan bahwa pusat gempa (episentrum) terjadi di sekitar Kota Dali di Provinsi Yunnan. Tepatnya, pada kedalaman sekitar 34 kilometer di wilayah barat atau barat daya kota kuno tersebut. "Guncangan gempa terasa kali pertama sekitar pukul 12.58 waktu setempat (sekitar pukul 11.58 WIB)," terang USGS seperti dikutip Agence France-Presse.

Akibat guncangan yang kuat itu, belasan bahkan mungkin puluhan warga sempat terjebak di bawah reruntuhan rumah dan bangunan lain selama beberapa jam. Karena gempa terjadi di wilayah terpencil, tim penyelamat pun butuh waktu lama untuk mencapai lokasi kejadian. Selama proses evakuasi, otoritas setempat pun terpaksa memadamkan aliran listrik.

"Tidak kurang dari 600 rumah, apartemen, dan bangunan lain rata dengan tanah," terang pejabat Unit Penanggulangan Bencana Yingjiang County dalam wawancara dengan Kantor Berita Xinhua. Menurut dia, seluruh korban tewas dan luka berasal dari Tiongkok. Sejauh ini, tidak ada laporan korban dari Myanmar, meski gempa terjadi di perbatasan dua negara.

BEIJING - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter (SR) mengguncang kawasan barat daya Tiongkok kemarin (10/3). Sedikitnya 24 orang tewas dan sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News