Gol Telat Perisic Bawa Kroasia Juara Grup D, Spanyol Runner-up

Gol Telat Perisic Bawa Kroasia Juara Grup D, Spanyol Runner-up
Ivan Perisic mencetak gol pada menit ke-87 dan membawa Kroasia menang atas Spanyol. FOTO: AFP

jpnn.com - BORDEAUX - Kroasia lolos ke babak 16-besar Euro 2016 dengan cara yang luar biasa. Menghadapi Spanyol, Rabu (22/6) dini hari WIB, tim asuhan Ante Cacic tersebut mampu unggul 2-1. 

Gol telat Ivan Persisic pada menit ke-87 memastikan Kroasia menjadi juara Grup D, sementara Spanyol harus puas sebagai runner-up. 

Sebelum laga, Kroasia sudah dipastikan lolos ke babak 16-besar mendampingi Spanyol dari Grup D. Ini tak lepas dari hasil di Grup C, beberapa jam sebelumnya. Kroasia lolos minimal sebagai peringkat ketiga terbaik. 

Akan tetapi, sepertinya itu tak membuat Ivan Rakitic cs puas. Maklum saja, Spanyol adalah lawan yang kerap menjadi batu sandungan bagi mereka. Kroasia pun termotivasi untuk bisa meraih kemenangan pertama atas Spanyol sejak 1994. Ya, sebelum bertemu di fase grup Euro 2016 ini, Kroasia terakhir menang atas Spanyol pada 1994 dalam laga persahabatan. 

Sepertinya dominasi Spanyol atas Kroasia bakal berlanjut. Laga baru berjalan 7 menit, Alvaro Morata sudah membuat La Furia Roja unggul setelah memanfaatkan assist dari Cesc Fabregas. Ini menjadi gol ke-3 Morata di Euro 2016. 

Tersentak gol dari Morata, Kroasia lantas berusaha untuk membalas. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta jelang turun minum. Umpan Perisic mampu dimanfaatkan oleh Nikola Kalinic mengoyak gawang David De Gea lewat tendangan back heel. Aksi tersebut seperti yang pernah dilakukan Zlatan Ibrahimovic. 

Memasuki babak kedua, Spanyol terus mengurung pertahanan Kroasia untuk mendapatkan gol kedua. Kans terbuka ketika mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-72. Tapi, tendangan Sergio Ramos mampu dibendung oleh Danijel Subasic. 

Ketika laga sepertinya berakhir seri, sebuah serangan balik cepat pada menit ke-87 membuat suporter La Furia Roja terdiam. Perisic yang mendapat sodoran dari Kalinic mampu membawa bola memasuki area terlarang Spanyol dan dengan kaki kirinya menghajar bola yang kemudian meluncur deras ke pojok kiri gawang De Gea. Kroasia unggul 2-1. 

BORDEAUX - Kroasia lolos ke babak 16-besar Euro 2016 dengan cara yang luar biasa. Menghadapi Spanyol, Rabu (22/6) dini hari WIB, tim asuhan Ante

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News