Gus Jazil: Jadikan Nilai Empat Pilar Landasan Memilih Pemimpin

Kamis, 19 November 2020 – 13:09 WIB
Gus Jazil: Jadikan Nilai Empat Pilar Landasan Memilih Pemimpin - JPNN.com
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan para pendiri bangsa menempatkan rakyat pada kedudukan tertinggi.

Ia menegaskan sebagai  pemegang kekuasaan yang tertinggi, rakyat seharusnya memiliki hikmat dan kebijaksanaan ketika memilih.

Karena itu, ujar Jazilul, nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan sosial menjadi landasan ketika memilih pemimpin.

“Di Indonesia kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat," tegasnya dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Karang Taruna Kurau Barat yang berlangsung di Warkop Lempah Kuning Aswaja, Desa Kurau Barat, Bangka Tengah, Bangka Belitung, Rabu (18/11).

Sosok yang karib disapa Gus Jazil itu mengatakan rakyat memiliki hak kedaulatan untuk memilih presiden, gubernur, bupati, walikota, anggota DPR, DPRD, DPD.

"Sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, rakyat seharusnya memiliki hikmat dan kebijaksanaan ketika memilih,” ungkap Gus Jazil.

Menurut Gus Jazil, sering kali terjadi kedaulatan yang dimiliki rakyat dipertukarkan dan ditransaksikan sehingga marak money politic atau politik uang.

“Makna Sila Keempat adalah rakyat pemegang kedaulatan di negara ini. Kalau terjadi money politic itu bukan salah pemimpinnya saja, tapi rakyat ikut salah," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...