Hatta: Listrik Tenaga Nuklir, Ada Syaratnya

Hatta: Listrik Tenaga Nuklir, Ada Syaratnya
Hatta: Listrik Tenaga Nuklir, Ada Syaratnya
JAKARTA - Berbagai alternatif sumber daya pembangkit listrik diusulkan, salah satunya yang terbaru yakni listrik dari tenaga nuklir. Namun terhadap hal ini, Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Hatta Radjasa, mengatakan bahwa masih diperlukan syarat dan kajian yang mendalam.

Lebih dari itu, kata Hatta pula, yang terpenting adalah persetujuan dari masyarakat yang selama ini dinilai belum familiar dengan tenaga nuklir. Oleh karena itu katanya, pembangkit listrik tenaga nuklir masih belum menjadi solusi alternatif utama yang digarap pemerintah saat ini.

"Saya bicara ini karena saya tahu. Saya ini mantan Presiden ke-46 Konferensi IAEA (The International Atomic Energy Agency) tahun 2002. Jadi, ada syaratnya untuk tenaga nuklir (itu)," kata Hatta kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (3/11).

Hatta pun menjelaskan, setiap reaktor nuklir itu harus memenuhi tiga syarat, agar dapat digunakan di suatu negara. Yakni pertama, secara teknologi harus dapat dipastikan bahwa reaktor nuklir itu aman. Kedua, secara ekonomi dapat memberikan manfaat bagi penggunanya.

JAKARTA - Berbagai alternatif sumber daya pembangkit listrik diusulkan, salah satunya yang terbaru yakni listrik dari tenaga nuklir. Namun terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News