Hitung Dana untuk PPPK, Bu Ani Butuh Waktu Dua Pekan

Hitung Dana untuk PPPK, Bu Ani Butuh Waktu Dua Pekan
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah sedang menyusun regulasi untuk penyelesaian honorer K2 yang usianya di atas 35 tahun. Rencananya, aturan itu akan tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) tentang pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, proses penyusunan PP saat ini masih menunggu proses dari Menteri Keuangan untuk menghitung kemampuan dari sisi fiskal. Pasalnya, sambung Bima, saat ini masih banyak daerah yang belum mandiri secara keuangan termasuk dari dana alokasi umum (DAU). Sehingga, memang harus tetap didukung dari pemerintah pusat.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Keuangan harus menghitung betul belanja fiskal.

”Kami tidak ingin APBN itu isinya hanya untuk belanja PNS saja, harus juga dilihat untuk pembangunannya seperti apa itu harus dihitung betul-betul oleh Kemenkeu,” kata Bima di Jakarta, Minggu (23/9).

Dia membeberkan, bahkan dalam rapat terbatas yang diadakan di Istana Negara, Jumat (21/9), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta waktu hingga dua pekan ke depan untuk menghitung kemampuan keuangan negara untuk membiayai proses penerimaan PPPK ini.

Bima pun menargetkan, PP ini bisa selesai pada tahun ini agar seleksi PPPK bisa cepat dilakukan usai seleksi CPNS. ”Jadi bagi yang tidak lolos CPNS, guru honorer bisa ikut seleksi PPPK ini. Nah PP ini menjadi landasan hukum kami untuk membuka seleksi ini,” tambah dia.

Namun, Bima mengatakan, hingga saat ini masih belum ditentukan berapa formasi untuk PPPK ini. Tapi pemerintah sudah memutuskan guru honerer yang berusia di atas 35 tahun atau bahkan dua tahun sebelum masa pensiun masih bisa mengikuti seleksi PPPK ini.

Bahkan PPPK ini juga memberikan kesempatan bagi para profesional diaspora yang mau mengabdi kepada negera. Asal tahu saja, PPPK ini memiliki kontrak kerja yang selalu diperpanjang oleh pemerintah selama satu tahun hingga batas usia pensiun.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati meminta waktu dua pekan untuk menghitung dana yang dibutuhkan untuk PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News