JPNN.com

Hitung-Hitung Kerugian Jepang jika Olimpiade 2020 Dibatalkan

Selasa, 03 Maret 2020 – 20:48 WIB
Hitung-Hitung Kerugian Jepang jika Olimpiade 2020 Dibatalkan - JPNN.com

jpnn.com - Olimpiade 2020 di Jepang jauh hari sudah disiapkan. Berbagai harapan besar tentu di depan mata pemerintah dan masyarakat Jepang. Sayangnya, pesta olahraga dunia ini tersandung wabah virus corona.

Potensi penundaan bahkan pembatalan penyelenggaraan menjadi hal yang menakutkan. Tak pelak, otoritas Jepang bersikeras memastikan itu tidak terjadi.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, menyatakan akhir bulan lalu bahwa IOC bertekad penuh untuk menggelar Olimpiade sesuai jadwal dari 24 Juli sampai 9 Agustus tahun ini.

Seorang pejabat senior pemerintah Jepang berkata kepada Reuters bahwa tidak ada "Plan B" untuk Olimpiade.

Berikut beberapa faktor finansial dan ekonomi yang terancam jika Olimpiade dibatalkan, menurut kantor berita Reuters.

Biaya Olimpiade

Penyelenggara sudah mengungkapkan Desember tahun lalu bahwa Olimpiade ini ditaksir menelan dana 1,35 triliun yen (Rp178,12 triliun), tetapi angka itu belum termasuk sekitar tiga miliar yen (Rp395 miliar) untuk pemindahan event marathon dan jalan cepat dari Tokyo ke Sapporo yang ada di bagian utara Jepang, demi menghindari cuaca terik saat musim panas.

Anggaran Olimpiade Tokyo 2020 dibagi antara komite penyelenggara dan pemerintah pusat Jepang, sedangkan IOC sendiri menyumbangkan lebih dari 800 juta dolar AS (Rp11,39 trilun).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha