Hugo Lloris, Pahlawan Sesungguhnya...

Hugo Lloris, Pahlawan Sesungguhnya...
Hugo Lloris. Foto: AFP

jpnn.com - KEMENANGAN 2-0 Prancis atas Jerman di semifinal Euro 2016, Jumat (8/7) dini hari WIB, tak bisa lepas dari sumbangsih besar Antoine Griezmann. Penyerang Atletico Madrid tersebut sukses memborong semua gol yang membobol gawang Jerman.

Namun, peran tidak kalah penting juga ditunjukkan sang kapten sekaligus penjaga gawang, Hugo Lloris. Kiper Tottenham Hotspur tersebut memang tampil luar biasa dalam laga yang dihelat di Stade Velodrome tersebut.

Total, setidaknya ada empat peluang emas Jerman yang 95 persen bisa berbuah gol. Tiga diantaranya terjadi di babak pertama, yakni Emre Can pada menit ke-13, Bastian Schweinsteiger menit ke-26, Thomas Mueller menit ke-38. Dan, satu lagi Joshua Kimmich pada masa injury time babak kedua. 

"Kami melihat Hugo Lloris yang begitu hebat malam ini (kemarin dini hari). Perannya dalam pertandingan ini sangat krusial,'' puji arsitek Prancis Didier Deschamps kepada L'Equipe. ''Sosoknya sangat penting. Dia bisa diandalkan saat kami membutuhkan,'' imbuh mantan kapten timnas Prancis kala menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 tersebut kepada BBC.

Pujian kepada kiper 29 tahun tersebut tidak hanya terlontar dari sesama elemen timnas Prancis. David James, mantan penjaga gawang timnas Inggris, juga memberikan kredit serupa melalui akun Twitter-nya. ''Beberapa penyelamatan dan refleks yang luar biasa dari Hugo Lloris. Dia adalah salah satu kunci kemenangan Prancis,'' ujar James.

Dihujani pujian bertubi-tubi tidak lantas membuat Lloris lupa diri. Mantan penjaga gawang Olimpique Lyon itu tetap membumi dan menilai bahwa kesuksesan Prancis menembus final adalah berkat kerja keras semua pemain dan pelatih.

"Ini adalah kemenangan kolektif. Aku bangga menjadi bagian dari tim ini," ujar Lloris kepada Maxifoot. "Kami semua memikul tanggung jawab. Jika tidak, tidak mungkin bisa menang dari Jerman. Kami memang akan merayakan keberhasilan ini. Namun, tidak berlebihan. Sebab, pertandingan terakhir selalu sulit,'' ujarnya lagi. (io)


KEMENANGAN 2-0 Prancis atas Jerman di semifinal Euro 2016, Jumat (8/7) dini hari WIB, tak bisa lepas dari sumbangsih besar Antoine Griezmann. Penyerang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News