ICW Curigai Ada Mafia Izin Pemeriksaan Kepala Daerah

ICW Curigai Ada Mafia Izin Pemeriksaan Kepala Daerah
ICW Curigai Ada Mafia Izin Pemeriksaan Kepala Daerah
JAKARTA – Indonesian Corruption Watch (ICW) menuding Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) gagal bersinergi dengan anak buahnya dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Presiden SBY gagal dalam pemberantasan korupsi, dalam arti gagal memaintenance kaki tangannya dalam memberantas korupsi. Dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan. Bukan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),” kata Koordinator Bidang Hukum dan Monitoring ICW, Febri Diansyah, Kamis (6/10), di Press Room DPR RI.

Dijelaskan Febri, kegagalan presiden itu tercermin dalam lemahnya peran kepolisian dan kejaksaan dalam memerangi korupsi. Febri mencontohkan, misalnya untuk memeriksa kepala daerah yang diduga korupsi, kejaksaan harus menunggu izin presiden keluar. Kadang, tegasnya, izin presiden itu lambat keluar. Berbeda dengan KPK, kata Febri, untuk memeriksa siapapun terlibat korupsi, tidak memerlukan izin presiden.

Dia juga melihat ada hambatan politik terkait lambannya izin presiden untuk pemeriksaan kepala daerah yang diduga korupsi oleh kejaksaan.

JAKARTA – Indonesian Corruption Watch (ICW) menuding Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) gagal bersinergi dengan anak buahnya dalam memberantas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News