Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur dengan Timor Leste

Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur dengan Timor Leste
Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur dengan Timor Leste

jpnn.com - JAKARTA --‎ Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengatakan, Indonesia dengan Timor Leste telah menjalani kerja sama yang intensif sejak 2011. Tercatat, sepanjang 2011-2015 lalu, Indonesia turut membantu pembangunan infrastruktur di Timur Leste.

Infrastruktur hasil kerja sama itu berupa jalan, jembatan, bandara, dan gedung-gedung pemerintah dengan nilai investasi mencapai USD 344,2 juta. Proyek tersebut dilakukan 11 kontraktor dan dua konsultan dari Indonesia, serta melibatkan tenaga kerja teknis Indonesia sekitar 1.000 orang. 

“Sebagai negara tetangga yang berbatasan langsung, kerja sama ini perlu ditingkatkan agar hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Timor Leste semakin erat,” ujar Syarif dalam keterangan persnya, Sabtu (4/6).

Hal ini, lanjutnya, untuk menindaklanjut pertemuan antara Presiden Indonesia, Joko Widodo dengan Perdana Menteri Timur Laste, Rui Maria de Araujo di Dili pada 25 Januari 2016 lalu. Saat itu, kedua negara bersepakat memperbarui sejumlah kerja sama di berbagai bidang baik pembangunan infrastruktur maupun perumahan. 

“Setelah dilakukan MoU sebaiknya segera cepat merealisasikan program yang sudah direncanakan untuk menyempurnakan hal-hal yang sudah disepakati bersama antara Indonesia dan Timor Leste,” tandasnya.

Kedua pemerintah, imbuh Syarif, sudah memahami peran pemerintah sangatlah penting untuk membantu masyarakat agar bisa menempati rumah layak huni. Masyarakat tidak harus memiliki rumah namun setidaknya bisa menempati rumah layak huni. 

“Data BPS menyebutkan, kekurangan rumah masyarakat di Indonesia sudah mencapai angka 13,5 juta. Tentunya pemerintah Timor Leste juga harus mengantisipasi kebutuhan rumah masyarakatnya juga sejak dini. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia dan Timor Leste tentunya memerlukan percepatan program-program perumahan,” terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA --‎ Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengatakan, Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News