Ini Daftar Penghargaan untuk Film Parasite

Ini Daftar Penghargaan untuk Film Parasite
Para pemain film Parasite. Foto: Soompi

jpnn.com - PARASITE berhasil mendapat Piala Oscar untuk kategori Film Terbaik dalam Academy Awards 2020 yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (9/2) waktu setempat.

Prestasi yang dibuat oleh film garapan sutradara Bong Joon Ho itu sekaligus mencatat sejarah.

Parasite sukses sebagai film berbahasa asing pertama yang berhasil meraih Oscar dalam kategori Best Picture.

Pada kategori tersebut, film tersebut mengungguli nominator lain seperti Once Upon a Time.. In Hollywood, 1917, Marriage Story, Little Women, Joker, Jojo Rabbit, The Irishman, dan Ford v Ferrari.

Piala Oscar yang diraih Parasite tidak hanya itu. Sebelumnya, film internasional terbaik, dan yang tidak kalah bergengsi yakni pemenang sutradara terbaik.

Pada kategori sutradara terbaik (best director), Bong Joon Ho mengalahkan sutradara kondang lainnya. Antara lain, seperti Todd Philips (Joker), Sam Mendes (1917), Quentin Tarantino (Once Upon a Time..In Hollywood), dan Martin Scorsese (The Irishman).

"Ketika di sekolah, saya mempelajari film Martin Scorsese, masuk nominasi bersama dia saja adalah kehormatan besar," kata Bong Joon Ho, sutradara Parasite.

Penghargaan ini sekaligus mengantarkan Bong Joon Ho menjadi sutradara pertama asal Korea Selatan yang memenangkan Oscar.

Parasite juga memperoleh penghargaan untuk kategori naskah asli terbaik di internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News