Ini Manfaat Hak Angket untuk Menkum HAM Menurut Fahri

Ini Manfaat Hak Angket untuk Menkum HAM Menurut Fahri
Menkum HAM Yasonna Laoly. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu takut dengan akan bergulirnya Hak Angket (penyelidikan) untuk Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly.

"Menurut saya, Jokowi gak perlu takut kalau ada angket. Karena mungkin kesalahan itu bukan pada Jokowi," kata Fahri di gedung DPR, Senin (15/3).

Ini disampaikan Fahri terkait adanya wacana fraksi-fraksi Koalisi Merah Putih (KMP) di DPR yang menggalang hak angket untuk Menkum HAM karena dianggap telah mencampuri masalah internal PPP dan Golkar.

Karenanya, Fahri menyarankan agar Presiden Jokowi mengikuti prosesnya. Dalam proses itu, lanjut Fahri, Jokowi  bisa melihat apakah Yasonna telah menerapkan loyalitas ganda dalam menjalankan tugasnya sebagai pembantu presiden. Yakni loyalitas kepada negara dan partai sekaligus.

"Kalau ada angket, Jokowi tenang-tenang saja, (ini bagus) buat memantau anak buahnya siapa tau menterinya disetir partai-partainya," ujar Fahri.

Politikus PKS ini menekanakan jangan sampai ada loyalitas ganda dalam kabinet pemerintahan. Ketika loyalitas pada negara dimulai, maka loyalitas terhadap partai harus berhenti. 

Nah, Hak Angket yang akan digalang ini menurut Fahri untuk menyelidiki kadar loyalitas menkum HAM. "Itulah angket, untuk mencari tahu (keputusan menkumham soal PPP-Golkar). Loyalitas ganda dalam kabinet gak boleh ada," pungkasnya. (fat/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Bantah Bantu WNI Gabung ISIS

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu takut dengan akan bergulirnya Hak Angket (penyelidikan)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News