Ini Sigit Danang Joyo, Calon Pengganti Lili Siregar di KPK

Ini Sigit Danang Joyo, Calon Pengganti Lili Siregar di KPK
Capim KPK Sigit Danang Joyo mengikuti uji kepatutan dan kelayakan Capim KPK di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/9). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sigit Danang Joyo adalah salah satu sosok yang berpeluang menggantikan Lili Pintauli Siregar di kursi komisioner KPK.

Seperti empat kandidat lainnya, dia gugur dalam fit and proper test (FNP) pimpinan KPK di DPR pada 2019 lalu.

Kepala KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua itu menjadi satu-satunya calon dari Kemenkeu yang ikut berkompetisi ketika itu.

Dalam seleksi di DPR, Sigit fokus memperkuat pencegahan korupsi.

Sigit mengaku pernah diminta untuk membuat konsep strategi nasional pemberantasan korupsi pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sempat membantu di UKP3R.

Sigit Danang Joyo yang mendapat 19 suara saat itu mengaku ingin menambah personel di KPK yang khusus mengurusi pencegahan korupsi.

"Penindakan dilakukan tapi jangan ke wilayah-wilayah yang sifatnya politis karena penindakan dan pencegahan ini seperti dua mata pisau yang kadang bertentangan," ujar Sigit saat fit and proper test di DPR pada awal September 2019.

Sigit dikenal sosok yang pro terhadap perampasan aset koruptor. Dia mendorong Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset disahkan kala itu.

Ada lima nama yang dipertimbangkan sebagai pengganti Lili Pintauli Siregar yang telah mengundurkan diri dari KPK. Sigit Danang Joyo salah satu yang terkuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News