Inilah Bentuk Dukungan APP pada Kongres Dayak Internasional

Inilah Bentuk Dukungan APP pada Kongres Dayak Internasional
Menkumham Yasonna Laoly menghadiri Kongres Dayak Internasional berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat. Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Kongres Dayak Internasional berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat. Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendukung berlangsungnya acara budaya tersebut.

Cornelis, Gubernur Kalbar yang juga Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Cornelis, mengatakan, digelarnya Kongres Dayak Internasional ini bertujuan merumuskan gagasan serta memberikan kesadaran baru untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Dayak yang lebih baik.

Dalam pembukaan acara ini turut dihadiri Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Gubernur Kalbar Cornelis serta delegasi dari Malaysia, Brunei, Thailand, Filipina, India, Taiwan, Selandia Baru, juga representasi FAO yang menaungi Indigenous People.

“Mudah-mudahan nanti Kongres Internasional Daya II bisa dilaksanakan di Madagaskar, Serawak, atau di Sabah, Taiwan, atau Australia. Semoga kongres ini memberikan manfaat bagi kemajuan masyarakat Dayak di Kalimantan maupun di penjuru dunia lainnya,” harap Cornelis.

Sementara Menkumham Yasonna Laoly mengharapkan kongres ini akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat Dayak, dan tidak hanya berhenti pada taraf seremonial.

“Kongres Dayak Internasional pertama ini selain sebagai ajang silaturahmi, juga bertujuan sebagai wadah menyatukan pandangan dan merumuskan keputusan yang berguna bagi kepentingan masyarakat Dayak, sebagai bagian dari bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Yasonna menyempatkan diri untuk mengunjungi booth APP, dan mendapatkan penjelasan mengenai hasil program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang fokus pada kegiatan wanatani.

Yasonna mengekspresikan kekagumannya ketika melihat salah satu hasil produktivitas petani binaan DMPA, yaitu Singkong ‘Cassesart’ sebagai bahan baku tepung tapioka.

Kongres Dayak Internasional berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat. Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendukung berlangsungnya acara budaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News