Inilah Permintaan DKPP kepada Penyelenggara Pemilu

Inilah Permintaan DKPP kepada Penyelenggara Pemilu
Kotak suara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengeluarkan rekomendasi untuk seluruh penyelenggara pemilu menghadapi Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Penyelenggara pemilu agar meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan, termasuk dalam memahami ketentuan norma kode etik," ujar anggota DKPP Ida Budhiati, saat membacakan laporan kinerja DKPP 2017 di Royal Kuningan Hotel, Jakarta, Selasa (19/12‎).

Rekomendasi lain, DKPP juga menyarankan penyelenggara pemilu dan tim seleksi calon penyelenggara pemilu, agar menaati seluruh ketentuan hukum dan etik yang mengatur tentang mekanisme dan prosedur perekrutan penyelenggara pemilu.

"Pimpinan lembaga penyelenggara pemilu supaya dijabat oleh SDM yang memiliki pengalaman memadai dalam hal kepemimpinan organisasi dan keterampilan teknis kepemiluan," ucap Ida.

Sementara itu khusus bagi masyarakat yang peduli dengan kualitas demokrasi elektoral di Indonesia, DKPP berharap ‎agar dapat memberikan perhatian yang lebih pada wilayah-wilayah yang menggelar Pilkada 2018.

"DKPP berharap masyarakat memiliki karakteristik yang sangat antusias terhadap pertarungan politik dan persaingan kekuasaan," pungkas Ida.(gir/jpnn)


Penyelenggara pemilu diharapkan meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi Pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News