Inspirasi Hukum Pemilu Progresif

Oleh Benny Sabdo

Inspirasi Hukum Pemilu Progresif
Benny Sabdo, Anggota Bawaslu Kota Jakarta Utara yang juga alumnus Program Pascasarjana Fakultas Hukum UI & Extension Course Program Filsafat STF Driyarkara. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan Bung Karno merupakan salah satu peletak dasar konsep hukum progresif.

Hal ini disampaikan Menkopolhukam dalam pidato pengukuhan Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia pada akhir Maret lalu.

Mahfud mengatakan pidato Bung Karno dalam Sidang Pleno Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan menginspirasi konsep hukum progresif. Konsep hukum progresif yang menekankan terciptanya keadilan substantif.

Salah satu begawan ilmu hukum Indonesia yang menekuni konsep hukum progresif, yaitu profesor Satjipto Rahardjo. Saya beruntung pernah mengikuti kuliah umum bersama sang begawan.

Kala itu, saya sedang mengikuti kompetisi peradilan semu tingkat nasional di Universitas Diponegoro Semarang. Meski dalam kondisi sakit aura progresif dalam sosok Profesor Tjip sangat kentara.

Saya pun mengoleksi buku-buku karya Prof Tjip. Kekuatan hukum progresif adalah kekuatan yang menolak dan ingin mematahkan keadaan status quo. Kekuatan hukum progresif akan mencari berbagai cara guna mematahkan kekuatan status quo (Rahardjo, 2006: 116).

Inspirasi hukum progresif adalah paradigma aksi, bukan peraturan belaka. Dengan demikian, peraturan dan sistem bukan satu-satunya yang menentukan. Manusia masih bisa menolong keadaan buruk yang ditimbulkan oleh sistem yang ada.

Di sini semangat memberikan keadilan kepada rakyat dirasakan amat kuat. Kekuatan hukum progresif tidak sama sekali menepis kehadiran hukum positif, tetapi selalu gelisah menggugat makna keadilan.

Inspirasi hukum progresif adalah paradigma aksi, bukan peraturan belaka. Dengan demikian, peraturan dan sistem bukan satu-satunya yang menentukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News