Interkoneksikan Jawa-Sumatera

PLN Hubungkan Jaringan via Sistem Tegangan Tinggi Arus Searah

Interkoneksikan Jawa-Sumatera
Interkoneksikan Jawa-Sumatera
JAKARTA – PT PLN (Persero) akan segera menghubungkan jaringan sistem kelistrikan Jawa-Bali dengan Sumatera yang kini masih terpisah. Proyek interkoneksi Sumatera-Jawa ini melalui sistem tegangan tinggi arus searah (high voltage direct current/HVDC).

’’Tender pembangunan proyek interkoneksi ditawarkan kepada para kontraktor yang berpengalaman mengerjakan proyek-proyek kelistrikan, bulan April ini,’’ jelas Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto. Proyek ini direncanakan mulai dibangun pada 2013 dan ditargetkan beroperasi pada 2017.

Proyek interkoneksi Sumatera-Jawa ini akan terdiri atas stasiun pengubah listrik AC menjadi DC (stasiun konverter) di Muara Enim. Dan listrik DC akan diubah kembali menjadi listrik AC (stasiun inverter) di Bogor. Rute yang akan dilewati proyek pembangunan interkoneksi Sumatera–Jawa adalah Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ulu, OKU Timur, Ogan Komering Ilir di Provinsi Sumatera Selatan.

Di Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung Selatan. Sedangkan untuk Jawa akan melewati Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak di Provinsi Banten serta Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat.

JAKARTA – PT PLN (Persero) akan segera menghubungkan jaringan sistem kelistrikan Jawa-Bali dengan Sumatera yang kini masih terpisah. Proyek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News