Jam Malam di Tiga Kota Dicabut

Junta Mulai Ambil Hati Rakyat

Jam Malam di Tiga Kota Dicabut
Jam Malam di Tiga Kota Dicabut

BANGKOK - Junta militer Thailand kemarin mengambil sejumlah langkah untuk mengambil hati rakyat. Jam malam di tiga tempat tujuan wisata yakni kota Pattaya, Distrik Samui, dan Provinsi Phuket resmi diakhiri kemarin.
         
Junta yang menamakan dirinya sebagai National Council for Peace and Order (NPOC, Dewan Nasional untuk Ketertiban dan Perdamaian, Red) menyatakan, keputusan tersebut untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat.

"Ini sesuai tujuan kami sebenarnya untuk memulihkan keadaan dan mengembalikan perasaan bahagia ke masyarakat," ucapnya.

Setelah pencabutan jam malam, NPOC berencana melakukan dua program lagi yang juga bertujuan menebar simpati. Program pertama adalah pengobatan gratis sore ini.

Sedangkan program lainnya adalah festival musik pada Kamis (5/6). Kedua event tersebut berlokasi di tempat yang juga sekaligus pusat demonstrasi, Victory Monument, Bangkok.

Menurut Winthai, tujuannya adalah untuk meyakinkan masyarakat bahwa militer melakukan kudeta tujuan utamanya bukan untuk merebut kekuasaan. "Tapi memulihkan keadaan. Setelah berbulan-bulan terpecah, maka kami harus melakukan sesuatu untuk memulihkannya," terangnya.

Winthai juga menjamin bahwa pihaknya tidak akan menerapkan martial law act (UU darurat) secara semena-mena. "Tapi, bila memang masih ada saja sekelompok masyarakat melakukan tindakan pembangkangan, maka kami tak punya pilihan lain selain menerapkannya," ucapnya.

Selain itu, Winthai juga menyebutkan bahwa pihaknya juga telah mengamankan sekitar 3.500 senjata dari bermacam jenis di sejumlah provinsi di kawasan Thailand Utara. Diantaranya ada sekitar 50-an rocket propeller grenade (RPG) atau senjata anti tank).

"Kami masih belum bisa mengungkap detailnya. Kami juga belum bisa memastikan untuk apa senjata tersebut. Tapi yang jelas, bila tersebar ke masyarakat, maka situasi negara akan semakin kacau," tegasnya.

BANGKOK - Junta militer Thailand kemarin mengambil sejumlah langkah untuk mengambil hati rakyat. Jam malam di tiga tempat tujuan wisata yakni kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News