Jembatan Peninggalan Belanda Patah, Empat Desa Terisolasi

Jembatan Peninggalan Belanda Patah, Empat Desa Terisolasi
Jembatan Kaligawe antara Desa Susukanagung dan Kaligawe Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon patah tadi malam (12/2). Foto: Radar Cirebon/JPNN

jpnn.com - CIREBON – Empat desa terisolasi setelah jembatan Kaligawe putus tadi malam, Kamis (12/2). Empat desa tersebut, yakni Desa Kaligawe Kulon, Desa Kaligawe Wetan, Karangmangu (Kecamatan Susukanlebak), serta Desa Nagrak, Kecamatan Sedong.

Penuturan warga, insiden yang tak menimbulkan korban jiwa ini terjadi sekitar pukul 21.41. Jembatan yang dibangun sejak zaman Belanda dan pernah diperbaiki tahun anggaran 1998/1999 patah dan ambruk karena kaki penyangga jembatan yang berada di tengah-tengah tidak mampu menahan derasnya arus sungai Cimanis Bangka-Deres.

“Badan jembatan jatuh ke dasar sungai pada kedalaman sekitar 30 meter,” tutur Yopi, warga Desa Susukanagung dilansir Radar Cirebon (Grup JPNN.com), Jumat (13/2).

Dikatakan, panjang jembatan yang patah membentang 50 meter, yakni antara as tengah jembatan sampai ujung jembatan yang terletak di Kaligawe Kulon.

“Untungnya saat patah tidak ada orang yang berada di jembatan,” imbuhnya. Beberapa menit sebelum kejadian ada dua orang pengguna sepeda motor yang melintas di atas jembatan.

“Dua orang itu sempat shock begitu tahu jembatan patah,” bebernya.

Keberadaan jembatan ini sangat penting bagi warga di Kecamatan Susukanlebak, khususnya di tiga desa tersebut. Karena, satu-satunya akses termudah dan terdekat yang bisa dilintasi. Otomatis, dengan adanya kejadian ini segala kegiatan di tiga desa tersebut akan lumpuh. Meski ada jalan alternatif menuju tiga desa di Kecamatan Susukanlebak, tapi tidak optimal.

“Kalau dari arah timur, bisa lewat ke Desa Blender Keca­matan Karangwareng, tapi jembatannya tidak bisa dilalui mobil. Sementara, kalau dari arah barat, harus lewat Kecamatan Sedong yang jarak­nya puluhan kilometer,” terang Yopi yang bekerja sebagai tenaga kesejahteraan sosial Kecamatan Susukanlebak ini.

CIREBON – Empat desa terisolasi setelah jembatan Kaligawe putus tadi malam, Kamis (12/2). Empat desa tersebut, yakni Desa Kaligawe Kulon, Desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News