JIDD Diminta Cari Solusi Konflik Laut Cina Selatan

JIDD Diminta Cari Solusi Konflik Laut Cina Selatan
JIDD Diminta Cari Solusi Konflik Laut Cina Selatan

jpnn.com - JAKARTA--Wakil Presiden Boediono membuka perhelatan akbar 46 negara dalam Defence Dialogue (JIDD) keempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (19/3).

Kegiatan yang digelar Universitas Pertahanan Indonesia ini didukung oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri RI, dengan tema "Membangun Kolaborasi Maritim untuk Stabilitas dan Keamanan.

Dalam pidato sambutannya Wapres menyatakan JIDD sangat penting untuk membangun diskusi internasional ini agar semua negara dapat bekerjasama untuk  mencari solusi bagi setiap masalah, terutama di wilayah maritim.

"Tidak sering terjadi perselisihan maritim yang saat ini berkembang di ketegangan regional yang saat ini kita saksikan di Laut Cina Selatan. Dan ini merupakan tantangan bagi negara-negara dan kawasan untuk mencari solusi damai untuk mengatasi masalah ini," ujar Boediono dalam sambutannya.

Kegiatan JIDD ini bertujuan untuk mengajak pemimpin negara, petinggi militer, akademisi, dan pembuat kebijakan dari 50 negara peserta JIDD tahun 2014 untuk duduk bersama dan mendiskusikan upaya memperkuat harmonisasi prioritas keamanan dan strategi masing-masing negara.

JIDD juga bertujuan untuk meningkatkan dialog dan keterlibatan antara Angkatan bersenjata di negara-negara peserta demi masa depan keamanan wilayah. Ini sangat diapresiasi oleh Wapres.

Menurutnya, masalah laut regional lebih condong mencari solusi melalui dialog dibanding menggunakan kekuatan militer untuk mempromosikan keamanan dan stabilitas.

"Oleh karena itu kerjasama maritim digunakan untuk menghindari konflik yang akan meningkat di kawasan ini. Dan keamanan regional bermanfaat untuk kerjasama di kawasan. Indonesia harus meningkatkan kemampuan militernya dan mengembangkan kerjasama maritimnya dengan negara-negara yang menganggap bahwa keamanan maritim adalah kebijakan utama mereka," sambung Wapres.

JAKARTA--Wakil Presiden Boediono membuka perhelatan akbar 46 negara dalam Defence Dialogue (JIDD) keempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News