Jokowi: Bermotor Listrik Bisa Mengurangi Impor BBM

Jokowi: Bermotor Listrik Bisa Mengurangi Impor BBM
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan kendaraan motor listrik tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga bisa mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar minyak (BBM).

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas kabimet kerja membahas percepatan program kendaraan bermotor listrik di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/1).

Jokowi melihat banyak negara di dunia berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam mengembangkan teknologi tersebut.

“Kendaraan bermotor listrik di samping ramah lingkungan juga mengurangi ketergantungan kepada energi fosil, dan melalui kendaraan bermotor listrik kita dapat mengurangi pemakaian BBM, mengurangi ketergantungan impor BBM yang berpotensi menghemat kurang lebih Rp 798 triliun," katanya.

Oleh karena itu, dalam upaya membangun industri kendaraan bermotor listrik di Tanah Air ke depan, Jokowi meminta agar regulasi yang mengatur mengenai program kendaraan bermotor listrik ini disiapkan dan segera diselesaikan.

"Sehingga negara kita dapat berlari lebih cepat lagi menjadi pemain utama dalam kendaraan bermotor listrik," ujar Presiden

Selanjutnya, mantan wali kota Solo itu meminta agar perencanaan dan pengembangan kendaraan bermotor listrik dapat dilakukan secara terpadu, teringtegrasi antara kementerian lembaga dengan melibatkan swasta. Baik riset, inovasi, anggaran sampai dengan penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan.

"Pengembangan kendaraan bermotor listrik harus kita gunakan sebagai momentum untuk penyiapan SDM Indonesia yang mampu menguasai teknologi terkini, sekaligus penciptaan nilai tambah melalui peningkatan TKDN (tingkat komponen dalam negeri)," tandasnya.(fat/jpnn)


Jokowi mengatakan kendaraan motor listrik tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga bisa mengurangi ketergantungan pada impor bahan BBM.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News