Jokowi: Jalan Tol Binjai-Stabat Bikin Harga Komoditas Lebih Kompetitif

Jokowi: Jalan Tol Binjai-Stabat Bikin Harga Komoditas Lebih Kompetitif
Peresmian jalan tol Ruas Binjai – Langsa seksi 1 Binjai – Stabat sepanjang 11,8 kilometer, pada hari ini Jumat (4/2).Foto: Dok Humas

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebut tol Binjai-Stabat garapan Hutama Karya memiliki banyak manfaat.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan jalan tol Ruas Binjai–Langsa seksi 1 Binjai–Stabat sepanjang 11,8 kilometer pada Jumat (4/2).

Jokowi mengatakan bahwa Jalan Tol Binjai–Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) sepanjang 11, 8 km telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas. 

“Ruas ini adalah bagian dari Tol Binjai – Langsa sepanjang 131 KM. Jika sudah rampung seutuhnya, tol ini akan menghubungkan Provinsi Sumatra Utara dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Aceh," ujar Jokowi.

Dia menambahkan, kehadiran jalan tol ini akan terhubung dengan sentra-sentra produksi, kawasan pertanian, pariwisata, hingga perkebunan.

"Dengan jalan semulus ini, otomatis struktur biaya dan harga komoditas di sekitar wilayah tol akan menjadi lebih kompetitif dan tidak kalah dengan produk import. Harga tinggi adalah karena biaya logistik dan transport yang mahal. Sehingga ketika infrastruktur dibangun maka biaya logistik dapat ditekan hingga 75 persen,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengatakan selain kecepatan dan konektivitas antar kabupaten, jalan Tol Binjai–Stabat itu akan mempermudah akses destinasi pariwisata yang ada di Sumatra Utara.

“Dengan adanya jalan tol ini juga dapat mempermudah akses seperti ke Kawasan Wisata Bukit Lawang Ecotourist, Tangkahan, Wisata Rohani Tuan Guru dan Tanjung Pura di Kabupaten Langkat. Kesempatan ini sangat baik untuk mengembangkan potensi daerah yang dikelola masyarakat lokal," kata Jokowi. (mcr28/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebut jalan tol Binjai-Stabat garapan Hutama Karya memiliki banyak manfaat.


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Wenti Ayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News