Jokowi Sampaikan 4 Sikap Indonesia Menghadapi Perkembangan Dunia

Jokowi Sampaikan 4 Sikap Indonesia Menghadapi Perkembangan Dunia
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan empat sikap Indonesia menghadapi perkembangan dunia pada Sidang ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Hasil Sidang Majelis Umum PBB ini ditunggu oleh masyarakat dunia untuk menjawab kegelisahan utama dunia. Kapan masyarakat akan terbebas dari pandemi?" kata Jokowi melalui tayangan video yang ditampilkan dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York pada Kamis (23/9) pagi.

"Kapan perekonomian segera pulih dan tumbuh inklusif? Bagaimana menjamin ketahanan planet ke depan? Kapan dunia akan terbebas dari konflik terorisme dan perang?" imbuhnya.

Pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ini digelar secara hybrid sehingga dapat menyampaikan pernyataan secara langsung maupun virtual.

"Melihat perkembangan dunia sampai sekarang ini, banyak hal yang harus dilakukan bersama-sama. Pertama, kita harus memberikan harapan bahwa pandemi akan bisa teratasi dengan cepat adil dan merata," ucap Jokowi.

Menurutnya, kemampuan dan kecepatan antarnegara dalam menangani COVID-19, termasuk vaksinasi, sangat timpang.

"Politisasi dan diskriminasi terhadap vaksin masih terjadi. Hal ini harus bisa diselesaikan dengan langkah-langkah nyata," kata suami Iriana ini.

Di masa depan, masyarakat dunia harus menata ulang arsitektur ketahanan kesehatan global (global health security system).

Jokowi juga mengungkap kemampuan dan kecepatan antarnegara dalam menangani COVID-19 sangat timpang.