Juli, Pembatasan BBM Diuji Coba di Jakarta

Juli, Pembatasan BBM Diuji Coba di Jakarta
Juli, Pembatasan BBM Diuji Coba di Jakarta
JAKARTA – Rencana pembatasan konsumsi BBM bersubsidi terus bergulir. Kali ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan uji coba rangkaian proses pemabatasan BBM.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo mengatakan, pemerintah akan segera melakukan uji coba penggunaan RFId (Radio Frequency Identification) pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan angkutan umum di Jakarta. ’’Mulai Juli atau Agustus akan kita uji coba,’’ ujarnya di DPR, Kamis (26/5).

Nantinya, RFID akan dipasang di SPBU. Sedangkan pada angkutan umum akan dipasangi sticker yang memiliki barcode tertentu. RFID tersebut akan membaca informasi yang tertera di barcode, data kemudian akan disinkronisasi, sehingga petugas SPBU bisa membaca di RFID bahwa sebuah angkutan umum memiliki kuota konsumsi BBM sekian liter, berapa liter BBM yang sudah dibeli, dan berapa sisa kuota BBM bersubsidi yang bisa dibeli oleh angkutan umum tersebut.

Evita mengatakan, uji coba penggunaan RFID ini merupakan tindak lanjut atas pemasangan sticker sosialisasi Uji Coba BBM Bersubsidi, Februari lalu,  pada angkutan umum mikrolet M01 jurusan Kampung Melayu – Senen, Jakarta. ’’Uji coba RFID ini akan dilakukan untuk sekitar 500 angkutan umum,’’ katanya.

JAKARTA – Rencana pembatasan konsumsi BBM bersubsidi terus bergulir. Kali ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News