Junta Thailand Tangkap Pemimpin Kaus Merah

Junta Thailand Tangkap Pemimpin Kaus Merah
ombat Boonngamanong (dua dari kanan) saat berpose bersama pendemo kaos merah. FOTO: getty images

jpnn.com - MILITER Thailand mengumumkan telah menangkap salah satu aktivis anti-kudeta Thailand yang paling dicari, Jumat (6/5). Buronan yang dibekuk itu adalah Sombat Boonngamanong

Sombat termasuk aktivis yang diburu militer karena terus mengkampanyekan gerakan anti-kudeta. Bahkan dia menggalang flashmob untuk menyerukan protes terhadap kudeta yang dilakukan militer. 

Dia dibekuk pada Kamis (5/6) di sebelah timur provinsi Chonburi. "Kami punya tim yang tugasnya melacak keberadaan Sombat dari Internet," kata juru bicara Militer Thailand Sirichan Ngathong seperi dikutip AFP.

Tuduhan yang ditujukan kepada Sombat adalah pelangaran atas perintah militer yang meminta dia untuk wajib lapor. Ya, Sombat adalah satu dari ratusan aktifis, politisi, akademisi dan jurnalis yang dipanggil militer setelah kudeta 22 Mei lalu. 

Bukannya menurut, Sombat malah menantang militer. "Tangkap saya jika kalian bisa," kata Sombat dalam postingannya di Facebook. 

Tentu saja ulah Sombat itu membuat militer geram. Dengan melacak keberadaannya melalui akses internet, militer akhirnya menangkapnya. Namun militer tetap merahasiakan lokasi Sombat ditahan. 

Sombat adalah pemimpin gerakan "Kaus Merah" yang pro-pemerintah. Dia mendukung Thaksin Shinawatra dan adiknya Yinluck Shinawatra untuk memimpin negeri Gajah Putih. (mas/jpnn)    

 


MILITER Thailand mengumumkan telah menangkap salah satu aktivis anti-kudeta Thailand yang paling dicari, Jumat (6/5). Buronan yang dibekuk itu adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News