Kantor Lurah Sepi, Menteri Yuddy Layani Warga Urus Surat Pindah

Kantor Lurah Sepi, Menteri Yuddy Layani Warga Urus Surat Pindah
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Sidak yang dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi di Kantor Kelurahan dan Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (2/1) membuat para pegawai di dua instansi pelayanan publik tersebut kelabakan. Pasalnya, banyak pegawai yang tidak hadir dengan alasan mengikuti acara pelantikan.

Seperti yang terpantau saat Yuddy melakukan sidak di Kantor Kelurahan Tebet. Di kantor ini tidak banyak pegawai berada di kantor yang melayani pengurusan KTP, KK, dan surat-surat lainnya. Alasannya, ada sejumlah pegawai yang mengikuti acara pelantikan pejabat di Monas

Melihat beberapa warga yang ingin mengurus surat pindah, membuat Yuddy langsung inisiatif melayani warga tersebut. "Sini saya bantu, apa yang akan diurus," tanya Yuddy kepada salah satu warga yang terperangah karena tak menyangka diladeni seorang menteri, Jumat (2/1).

Usai kantor Kelurahan, Yuddy yang dalam sidak ditemani Deputi Pelayanan Publik Mirawati Sudjono serta Staf Khusus bidang Komunikasi dan Sosial  Politik KemenPAN-RB M. Fariza Y. Irawady  langsung menuju kantor Kecamatan Tebet yang tidak terlalu jauh dari kelurahan.

Namun, kondisinya tidak jauh berbeda. Hanya sejumlah aparatur saja yang berada di kantor. Alasannya pun sama yaitu sedang mengikuti acara pelantikan.

Suasana hati menteri asal Cirebon ini langsung senang ketika meninjau Puskesmas Kecamatan Tebet. Di kantor pelayanan kesehatan itu, 80 persen dokter hadir dan melayani masyarakat. Fasilitas di Puskesmas sendiri sudah sangat bagus.

"Bisa dikatakan 80 persen dokternya ada. Ini bagus untuk ukuran tingkat Kecamatan, tapi yang penting respon pelayanannya, baru setelah itu kualitasnya diperbaiki. Pelayanan publik itu pertama respon, kedua transparansinya, dan ketiga baru fasilitas," bebernya.

Menteri Yuddy kemudian meninjau pelayanan di Polsek Jakarta Selatan. Dia juga mengapresiasi tindakan disiplin para aparaturnya. Karena menurutnya, aparat keamanan merupakan garda terdepan yang mampu menciptakan suasana aman dan tentram bagi rakyat.

JAKARTA--Sidak yang dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi di Kantor Kelurahan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News