Kapan Tubuh Paling Banyak Membakar Kalori?

Kapan Tubuh Paling Banyak Membakar Kalori?
Berolahraga. Foto: Pixabay

jpnn.com - Topik membakar kalori biasanya tidak akan jauh-jauh dari aktivitas fisik atau olahraga kardio yang menguras keringat dan energi. Padahal, tubuh Anda juga bisa membakar kalori dengan sendirinya di waktu-waktu tertentu.

Penelitian tentang waktu pembakaran kalori

Menurut sebuah studi yang dilansir dari Medical News Today, kemampuan pembakaran energi seseorang itu berfluktuasi sepanjang hari. Nah, penelitian yang dipublikasikan dalam Current Biology melaporkan, jam internal tubuh memengaruhi waktu pembakaran kalori. Artinya, tanpa olahraga pun, tubuh tetap bisa membakar kalori.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang kemampuan pembakaran kalori, para peneliti melibatkan tujuh orang partisipan. Mereka diminta untuk tinggal di lingkungan laboratorium yang terisolasi, tanpa jendela, jam, telepon, dan internet. Itu berarti mereka tidak memiliki petunjuk tentang waktu.

Setiap orang diberi waktu untuk tidur dan bangun. Kemudian, selang tiga minggu kemudian, waktu tersebut diubah. Karena tubuh tidak dapat menyesuaikan diri dengan ritme akibat perubahan jam tidur dan bangun, tubuh mereka pun mengembangkan pola sendiri. Sementara itu, peneliti tetap mengukur tingkat metabolisme mereka.

Para peneliti menemukan, akibat perubahan itu metabolisme yang lambat terjadi di malam hari. Ada pun, proses metabolisme tercepat dari mereka adalah 12 jam setelahnya, yakni siang hari.

Jika Anda tidur malam pukul 11 malam, proses metabolisme yang paling cepat dan waktu pembakaran kalori terjadi di pukul 11 siang hingga beberapa jam ke depan.

Membakar kalori dengan bergerak jauh lebih efektif

Meski tubuh memiliki waktunya sendiri untuk membakar kalori, pembakaran kalori yang paling efektif adalah ketika Anda berusaha aktif bergerak, dalam hal ini olahraga.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News