Kenaikan Cukai Rokok Yakin Tak Picu Inflasi

Kenaikan Cukai Rokok Yakin Tak Picu Inflasi
Kenaikan Cukai Rokok Yakin Tak Picu Inflasi
JAKARTA -- Pemerintah memastikan akan menaikkan cukai rokok 5 persen per 1 Januari 2011. Pemerintah yakin keputusan ini tidak akan berpengaruh besar terhadap angka inflasi tahun depan. ‘’Kenaikan ini karena memang ada penyesuaian harga cukai. Tapi kalau melihat angkanya yang hanya berkisar antara 4-5 persen saja, maka kenaikan cukai ini tidak akan berdampak besar terhadap inflasi,’’ ujar Menteri koordinator bidang perekonomian Hatta Rajasa pada wartawan di Jakarta, Jumat (19/11).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan memperkirakan, kenaikan cukai rokok sebesar 5 persen pada 2011 akan menjadi salah satu pendorong terjadinya inflasi tahun depan sekitar 0,02 persen.

Rusman mengatakan dampak inflasi dari kenaikan cukai rokok dihitung dari prosentase kenaikan cukai dikalikan bobot konsumsi rokok di dalam konsumsi rumah tangga.

‘’Bobot rokok masih dalam kelompok masyarakat miskin. Misalnya bila bobot 1 persen maka bobotnya 0,6 persen. Bobot rokok di komunitas miskin cukup besar karena dengan pengeluaran sedikit beban rokok akan dominan orang untuk orang miskin,’’ jelas Rusman.

JAKARTA -- Pemerintah memastikan akan menaikkan cukai rokok 5 persen per 1 Januari 2011. Pemerintah yakin keputusan ini tidak akan berpengaruh besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News