Kiai Said: NU Harus Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Warga Terdampak Bencana

Kiai Said: NU Harus Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Warga Terdampak Bencana
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Foto: Dok. PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Sejak tahun 2017, Nahdlatul Ulama (NU) telah berkontribusi secara masif dalam urusan penanganan bencana dan aksi kemanusiaan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui NU Peduli terus mengoptimalkan gerakan penanganan bencana dan aksi kemanusiaan yang berdampak terhadap masyarakat dunia.

NU Peduli merupakan gabungan dari beberapa lembaga NU antara lain Lembaga Penanggulangan Bencana & Perubahan Iklim NU (LPBI NU), Lembaga Amil Zakat Infak & Sedekah NU (LAZISNU), Lembaga Kesehatan NU (LKNU), dan sejumlah lembaga NU lainnya.

Saat ini, NU Peduli fokus terhadap dua hal. Pertama, penanganan bencana yang meliputi bencana alam dan wabah penyakit.

Kedua, penyaluran bantuan untuk masyarakat terdampak bencana. Khusus Covid-19, PBNU membentuk Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 sebagai bagian tak terpisahkan dari NU Peduli yang lebih dulu dibentuk.

Ketua LPBI NU Muhammad Ali Yusuf mengatakan hingga saat ini NU Peduli tidak pernah absen melakukan aksi kemanusiaan dan menyalurkan bantuan kemanusiaan pada setiap kejadian bencana di Indonesia.

Menurut Ali, di balik keterlibatan NU Peduli tersebut, ada peran Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang selalu mendukung kiprah NU Peduli di tengah-tengah masyarakat.

Kiai Said selalu menegaskan NU harus dapat memberikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik bagi seluruh warga dan masyarakat yang terdampak bencana.

Kiai Said Aqil mengatakan NU memberikan pelayanan terbaik kepada warga terdampak bencana baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News