Kitorang Bacarita, Buku Karya Anak Papua

Kitorang Bacarita, Buku Karya Anak Papua
Kitorang Bacarita, Buku Karya Anak Papua
JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti secara resmi meluncurkan buku komik bergambar karya anak-anak Papua. Buku yang bertajuk Kitorang Bacarita ditulis oleh 49 anak-anak Papua yang mengikuti lokalatih menulis di Abepura, Papua.

Wiendu mengatakan, pemerintah bangga bisa meresmikan peluncuran buku karangan anak Papua tersebut karena berisi tentang seluruh rekaman pengalaman-pengalaman anak-anak Papua. “Ini sangat menarik. Anak-anak Papua menunjukkan bakatnya yang luar biasa. Mereka rajin merekam pengalaman mereka dalam bentuk tulisan,” ungkap Wiendu di dalam acara Peluncuran Buku Komik Anak Papua di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (21/12).

Anak-anak Papua yang menulis buku tersebut merupakan siswa siswi dari sepuluh Sekolah Dasar (SD) di Papua. Wiendu menjelaskan, topik karangan di dalam buku itu mengenai keindahan alam Papua, dongeng rakyat, kesenian asli daerah, sampai makanan khas Papua. “Dengan adanya buku ini, menjadi suatu hal yang sangat baik bagi negara kita, mengingat semua peradaban yang besar bisa dianggap besar karena ada bukti sejarah tertulisnya,” jelas Wiendu.

Lokalatih dan penerbitan buku ini digagas oleh PT Freeport Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Visi Anak Bangsa.  Director EVP & CAO PT Freeport Indonesia, Sinta Sirait mengungkapkan, buku cerita dalam bentuk komik seperti ini tidak akan pernah lepas dari anak-anak hingga saat ini. “Menariknya, dengan penggunaan bahasa yang sederhana dan menceritakan tentang alam lingkungan anak-anak Papua, maka dipastikan dapat dimengerti oleh anak-anak semua,” tukasnya.

JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti secara resmi meluncurkan buku komik bergambar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News