Klik! Hasil 3 Opening Game Piala Eropa yang Melibatkan Prancis

Klik! Hasil 3 Opening Game Piala Eropa yang Melibatkan Prancis
Ilustrasi: uefa

jpnn.com - PARIS - Tuan rumah Euro 2016, Prancis bakal memainkan opening game melawan Rumania di Stade de France, sesaat lagi.

Fakta unik ada di balik Prancis dan partai pembukaan. Laga melawan Rumania nanti adalah kali keempat buat Prancis melakoni opening game.

Ya, sebelumnya Prancis pernah membuka kick off Piala Eropa pada tahun 1960, 1984 dan 1992.

Pada tahun 1960 alias edisi perdana Piala Eropa, Prancis menjadi tuan rumah. Tim Ayam Jantan (sebutan lain Timnas Prancis) kalah dari Yugoslavia dengan skor 4-5.

Saat itu, format turnamen masih knock out. Sebanyak 17 tim memainkan laga home and away hingga semifinal. Empat tim yang tersisa melaju ke putaran final yang mendaulat Prancis sebagai host. Di sanalah..Prancis kalah. Di akhir turnamen, Uni Soviet menjadi kampiun.

Kemudian saat Piala Eropa 1984, juga di Prancis. Tuan rumah melakoni opening game melawan Denmark. Gol tunggal Michel Platini memberikan kemenangan buat Prancis. Di akhir UEFA Euro 1984 itu, Prancis menjadi juara (gelar pertama) usai menundukkan Spanyol 2-0 di partai final.

Nah, yang ketiga, Prancis melakoni opening game di UEFA Euro 1992, saat kejuaraan digeber di Swedia. Prancis meladeni tuan rumah dan di akhir duel, mereka berbagi angka sama 1-1. Denmark menjadi kampiun setelah mengalahkan Der Panzer Jerman 2-0.

So, bagaimana Prancis di opening game Euro 2016 ini? (adk/jpnn)


PARIS - Tuan rumah Euro 2016, Prancis bakal memainkan opening game melawan Rumania di Stade de France, sesaat lagi. Fakta unik ada di balik Prancis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News