KPK Yakini Rudi tak Main Sendiri

KPK Yakini Rudi tak Main Sendiri
KPK Yakini Rudi tak Main Sendiri

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini tersangka dugaan suap bekas Kepala Satuan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas, Rudi Rubiandini, tak bermain sendiri. Karenanya, KPK terus mendalami dugaan pihak-pihak lain.

Wakil Ketua KPK Busyro Muqaddas menegaskan, kasus korupsi di sektor migas sudah masuk kategori korupsi sistemik.

"Itu sistemik, rasa-rasanya tidak mungkin (hanya Rudi sendiri)," katanya di Kantor KPK, Kamis (29/8).

Namun, Busyro mengelak saat dicecar pihak mana lagi selain Rudi yang bermain. Ia hanya menjelaskan pengembangan penyidikan kasus ini juga dilakukan secara sistemik. "Tapi, semua bicara bukti," tegasnya.

Ia menegaskan tetap berpegang pada bukti dalam melakukan penyidikan kasus ini. "Korupsi itu struktural, masif, sinergis dalam kemaksiatan-kemaksiatan korupsi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Busyro juga mengatakan KPK akan menelusuri dugaan perusahaan lain selain PT Kernell Oil yang memberi suap.

Sebab, kata dia, sektor migas merupakan bisnis berskala besar yang membuka peluang-peluang terjadinya suap menyuap.

"Sangat mungkin karena ini bisnis yang besar. Sangat besar. Tapi, kami berproses pada bukti,” jelas bekas Ketua Komisi Yudisial itu. (boy/jpnn)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini tersangka dugaan suap bekas Kepala Satuan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News