Kuarto Diego Andalan Uruguay

Hadapi Belanda di Semifinal Dinihari WIB Nanti

Kuarto Diego Andalan Uruguay
BERSIAP - Sejumlah pemain Uruguay saat menjalani latihan dalam persiapan menhadapi Belanda, di Sandown High School, Sabtu (3/7) lalu. Foto: Dani Nur Subagyo/Jawa Pos.
JOHANNESBURG - Meski menyandang predikat juara dunia dua kali (1930 dan 1950), namun menghadapi Belanda pada semifinal di Cape Town dinihari WIB nanti, Uruguay diposisikan sebagai underdog. Padahal, Belanda sendiri belum sekali pun pernah mengangkat trofi World Cup.

Mengapa? Hal itu tak terlepas dari ukuran kebintangan pemain kedua tim. Belanda punya banyak nama populer yang bermain di klub-klub top Eropa. Mulai dari Wesley Sneijder, Arjen Robben, Robin van Persie, Dirk Kuyt, Ryan Babel, Klaas-Jan Huntelaar, hingga Mark van Bommel.

Sedangkan Uruguay, dari 23 pemain yang masuk skuad, sebenarnya hanya dua pemain yang bermain di klub lokal. Dengan kata lain, mayoritas pemain La Celeste - sebutan Uruguay - bertebaran di luar negeri, khususnya di Eropa. Namun begitu, hanya beberapa yang cukup familiar bagi gibol (penggila bola) Indonesia. Misalnya yaitu bomber Atletico Madrid Diego Forlan, serta tandemnya, Luis Suarez, yang bermain di Ajax Amsterdam.

"Uruguay tidak kalah dengan Belanda," ujar Krikor Attarian, pendukung Uruguay kepada Jawa Pos. "Meski kehilangan Suarez (karena kartu merah, Red), Uruguay masih punya kuarto Diego," lanjut bos perusahaan olahraga di Montevideo, Uruguay itu.

JOHANNESBURG - Meski menyandang predikat juara dunia dua kali (1930 dan 1950), namun menghadapi Belanda pada semifinal di Cape Town dinihari WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News