Kulit Manggis Lembapkan Bibir

Kulit Manggis Lembapkan Bibir
Kulit Manggis Lembapkan Bibir

jpnn.com - SURABAYA - Bibir kering bisa menjadi siksaan. Bagi perempuan, kelembapan bibir perlu terus dijaga. Kulit manggis bisa menjadi pilihan bahan pelembap bibir (lip balm).

Lima mahasiswa Unair menciptakan pelembap bibir dari buah ikonik Nusantara itu. Mereka adalah Arina Cinintya, Clarisa Finanda, dan Duhita Pramesti dari fakultas kedokteran serta Galih Satriyo dan Rizqa Fersiyana dari fakultas farmasi.

Awalnya mereka tertarik memanfaatkan buah manggis. Yang paling terkenal adalah manggis itu kaya antioksidan. "Selain melimpah, manggis sangat berkhasiat, terutama kulitnya," terang Clarisa Finanda.

Menurut dia, lip balm yang mereka beri nama KissU! itu mampu memproteksi bibir dari pengaruh negatif sengatan sinar matahari. Oleskan secukupnya, bibir pun akan terlihat selalu lembap minimal enam jam. Lip balm dari manggis itu bisa menjadi pilihan kosmetik lokal untuk perempuan Indonesia.

Mereka mengerjakan semuanya sendiri. Pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Kulit manggis dikerok hingga menjadi lembaran-lembaran tipis. Lembaran itu lalu dioven 24 jam. Baru setelah itu, dilumatkan hingga menjadi serbuk berwarna jingga tua.

"Serbuk itu lalu dibawa ke lab untuk diekstrak," tegas Clarisa. Pelembap bibir itu mereka jual kecil-kecilan di kampus. "Nggak nyangka banyak juga yang minat," jelasnya. (kus/c10/roz)


SURABAYA - Bibir kering bisa menjadi siksaan. Bagi perempuan, kelembapan bibir perlu terus dijaga. Kulit manggis bisa menjadi pilihan bahan pelembap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News