Lega, Seluruh Pesepak Bola Cilik Akhirnya Keluar dari Gua

Lega, Seluruh Pesepak Bola Cilik Akhirnya Keluar dari Gua
Tim penyelamat mencari cara menyelamatkan anak-anak anggota tim sepak bola junior yang terjebak di Gua Tham Luang. Foto: Twitter Thai Army

jpnn.com, MAE SAI - Setelah dua pekan lebih terjebak di dalam gua, seluruh anggota tim sepak bola junior Moo Pa (Babi Hutan Liar) dan pelatih mereka akhirnya berhasil diselamatkan.

Tim SEAL Thailand mengabarkan bahwa empat anak terakhir plus sang pelatih telah keluar dari Gua Tham Luang sore tadi, Selasa (10/7).

"Keduabelas 'Babi Hutan Liar' dan pelatih telah dikeluarkan dari gua. Semua selamat," tulis pihak SEAL melalui post Facebook.

Tim yang berisi anak-anak usia 11 sampai 16 itu masuk ke Gua Tham Luang pada 23 Juni lalu. Mereka terjebak setelah hujan lebat menyebabkan jalur ke mulut goa terendam air.

Baru sembilan hari kemudian para korban berhasil ditemukan dua penyelam asal Inggris. Sebelum itu mereka bertahan di dalam gua nan gelap tersebut mengandalkan sisa bekal makanan dan tetesan air dari stalaklit.

Namun masalah belum selesai. Tim penyelamat kesulitan mencari cara yang aman untuk membawa anak-anak itu keluar dari gua.

Kontur gua dan air yang masih menggenang jadi tantangan terberat. Tim terpaksa mengajarkan teknik menyelam kepada para korban untuk melancarkan proses evakuasi.

Baru pada Minggu (8/7), tim berhasil mengevakuasi empat anak. Keesokan harinya, empat lagi menyusul. Hari ini semua korban yang tersisa akhirnya bisa diselamatkan.

Setelah dua pekan lebih terjebak, seluruh anggota tim sepak bola junior Moo Pa dan pelatih mereka akhirnya berhasil diselamatkan dari Gua Tham Luang

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News