Lembaga Survey Jangan Melacurkan Diri

Lembaga Survey Jangan Melacurkan Diri
Lembaga Survey Jangan Melacurkan Diri
JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Prof. Muladi mengingatkan agar lembaga-lembaga survey tidak melakukan mal praktik untuk kepentingan sesaat. Selain mal praktik akan berbahaya bagi partai-partai politik, lembaga survey merupakan kumpulan para intelektual yang lebih mengedapankan kepercayaan masyarakat. ''Jadi, mal praktik bagi lembaga-lembaga survey membahayakan masa depan bangsa,'' kata Muladi saat membuka diskusi ' pro kontra  polling dan survey politik di kantor DPP Partai Golkar  Jakarta, Selasa (6/1).

Menurut Muladi, peran lembaga survey sangat penting dalam memberikan pemahaman, pencerahaan dan pertimbangan bagi masyarakat dalam berpolitik. Kalau lembaga  survey mengenyampingkan peran penting itu dan melakukan mal praktik, maka dia akan menjadi deamage/perusak bagi Partai politik, masyarakat dan juga bangsa  dan negara.

Akibatnya, lanjut Muladi lagi, kalau masyarakat mendapatkan gambaran yang tidak benar dari lembaga survey, maka Pemilu tidak akan dapat  meghasilkan pemimpin yang kuat, dan masa depan banga dan negara ini akan menjadi lebih parah, karena dipimpin oleh partai yang belum teruji atau berpengalaman mengelola menejemen negara.

Ciri-ciri lembaga survey yang melakukan mal praktik itu, kata Muladi, antara lain melanggar kewajiban sebagai lembaga pencerahan, lembaga pemberi informasi, pemberi pemahaman dan melakukan manipulasi data karena pemberian sesuatu dari pihak yang berkepentingan. Muladi menegaskan, partai-partai politik sudah  sangat resah terhadap praktik mal praktik yang dilakukan lembaga-lembaga survey, karena sudah mengacaukan pertarungan politik yang demokratis.

JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Prof. Muladi mengingatkan agar lembaga-lembaga survey tidak melakukan mal praktik untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News