Lihat Nih, Sukses Memotret Gerhana dengan DSLR, Begini Caranya...

Lihat Nih, Sukses Memotret Gerhana dengan DSLR, Begini Caranya...
Puncak gerhana matahari di Jakarta yang berhasil dipotret Dhimas Ginanjar.

jpnn.com - JAKARTA -  Para pecinta foto berlomba-lomba mengabadikan momen langka gerhana matahari total. Tapi memang tak mudah untuk memotret matahari yang sedang tertutup bulan, apalagi dengan kamera DSLR biasa. Meski begitu, banyak para pemburu foto yang sukses mendapatkan momen tersebut. 

Salah satunya adalah Dhimas Ginanjar yang merupakan wartawan Jawa Pos. Dia berhasil memotret gerhana matahari dengan menggunakan kamera Nikon D750. Dia menggunakan teknik khusus untuk sukses memotret momen tersebut. 

“Saya pakai filter ND8 plus ND4,” ujarnya. Menurutnya, filter berguna untuk menurunkan masuknya cahaya ke kamera.  

Selain itu Dhimas mengaku murunkan iso hingga terendah di fitur kamera, yakni L1.0. Speed yang dia gunakan 4.000 dengan bukaan 22. Exposure diturunkan sampai 5 stop dan menggunakan fokus manual.

“Untuk memotret lebih baik menggunakan live view, daripada menggunakan view finder. Itu untuk keamanan mata kita,” ujarnya di sela-sela nobar gerhana di atap gedung Graha Pena Jawa Pos Jakarta, Rabu (9/3) pagi. (mas/jpnn) 


JAKARTA -  Para pecinta foto berlomba-lomba mengabadikan momen langka gerhana matahari total. Tapi memang tak mudah untuk memotret matahari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News