Lima Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kuku

Lima Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kuku
Ilustrasi kuku sehat. Foto: Girl Accessories

jpnn.com - Sama halnya dengan kulit, kuku pun perlu dirawat dan diberi asupan nutrisi agar tetap sehat. Kuku yang sehat biasanya memiliki warna merah muda, tidak pucat, terdapat setengah lingkaran putih pada kuku dan tidak berwana kuning. Sedangkan kuku yang rapuh, retak atau berubah warna bisa menjadi indikasi kurangnya nutrisi atau bahkan masalah kesehatan, seperti hipotiroidisme.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung protein, vitamin dan mineral tidak hanya membuat tubuh Anda sehat, namun Anda juga membuat kuku Anda terawat sehingga menjadi lebih kuat.

Berikut ini beberapa makanan untuk kuku yang bisa Anda konsumsi agar kuku menjadi kuat dan sehat, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (18/10).

1. Edamame (untuk sistein dan folat)

Mengonsumsi edamame sebelum sushi adalah pilihan cerdas. Kedelai menyediakan sistein, asam amino yang diperlukan untuk produksi keratin protein, yang merupakan salah satu blok bangunan utama kuku Anda. Terlebih lagi, edamame adalah sumber folat yang baik yang diperlukan untuk produksi sel kuku baru.

??Coba ini: Buat salsa Anda sendiri dengan mencampur edamame yang sudah matang dan dikupas, bawang putih cincang, tomat potong dadu, jagung mani; dan air jeruk nipis.

2. Telur (untuk biotin)

Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik biotin, vitamin B yang mendorong produksi protein dalam matriks kuku, jaringan yang mendasari kuku Anda yang menghasilkan sel kuku.

Sama halnya dengan kulit, kuku pun perlu dirawat dan diberi asupan nutrisi agar tetap sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News