Lukisan Senilai Rp 1,4 M Karya Salvador Dali Disikat Pencuri

Lukisan Senilai Rp 1,4 M Karya Salvador Dali Disikat Pencuri
Lukisan Senilai Rp 1,4 M Karya Salvador Dali Disikat Pencuri
MANHATTAN - Lukisan cat air dan tinta karya pelukis terkenal Salvador Dali seharga USD 150 ribu atar sekitar Rp 1,4 miliar yang tengah dipamerkan di sebuah galeri seni di Manhattan, AS, hilang dicuri. Diduga kuat sang pencuri menyamar sebagai pelanggan galeri tersebut.

Lukisan seniman surealis yang raib tersebut berjudul Cartel des Don Juan Tenorio. Lukisan itu dilukis seniman Spanyol yang eksentrik itu pada 1949 sebagai disain poster untuk pertunjukan teater di Madrid. Seperti dilaporkan BBC, Jumat (22/6), polisi menyebut pencuri yang berjenis kelamin lelaki itu mengaku sebagai "calon pembeli potensial".

Dalam rekaman kamera pengawas (CCTV), terlihat pria itu kemudian berjalan santai ke dalam ruangan galeri yang terletak di kawasan Madison Avenue. "Dia mengambil lukisan itu dan memasukkan dalam tas belanja berukuran besar," kata petugas kepolisian.

Usai memasukkan hasil curian dalam tasnya, pria yang ditaksir berusia antara 35-45 tahun itu melenggang meninggalkan galeri dengan lukisan tersembul dari tasnya. Pameran itu sendiri merupakan pameran pertama yang digelar oleh galeri seni Venus Over Manhattan, yang baru diresmikan pada Mei lalu. (Esy/jpnn)

MANHATTAN - Lukisan cat air dan tinta karya pelukis terkenal Salvador Dali seharga USD 150 ribu atar sekitar Rp 1,4 miliar yang tengah dipamerkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News