Makam Pangeran Antasari Tergenang

Makam Pangeran Antasari Tergenang
Makam Pangeran Antasari Tergenang
BANJARMASIN - Makam Pangeran Antasari di kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin ikut tergenang air sebagai imbas dari terendamnya Banjarmasin beberapa hari ini. Hal ini membuat pengelola makam kesusahan. Lantai makam pun menjadi kotor dan berwarna kuning.

Pangeran Antasari yang lahir di Kayu Tangi,  Kabupaten Banjar sekitar tahun 1797  dan meninggal di Bayan Begok, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah pada 11 Oktober 1862 dalam usia 53 tahun adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Penerus tutus Kerajaan Banjar ini dimakamkan di Banjarmasin dan sekarang makamnya ada di Jalan Sungai Jingah Banjarmasin.

Namun sayangnya akibat tergenang air, kondisi makam jadi terkesan kotor. Belum lagi tumbuhnya rumput-rumput tinggi di sekitar makam semakin membuat kondisi makam nampak kurang terawat.

Dayan, penjaga yang bertugas merawat makam mengaku kesulitan dengan masuknya air ke dalam areal makam saat air pasang. Setiap hari ia harus membersihkan makam yang terkena lumpur. " Saya cukup kesulitan, sebab saat hari ini dibersihkan besoknya air masuk lagi," kemarin.

BANJARMASIN - Makam Pangeran Antasari di kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin ikut tergenang air sebagai imbas dari terendamnya Banjarmasin beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News