Malaysia Siap Pulangkan 10 Ribu TKI

Order Produksi Drop 30 Persen

Malaysia Siap Pulangkan 10 Ribu TKI
Malaysia Siap Pulangkan 10 Ribu TKI
JAKARTA - Krisis keuangan global mengakibatkan banyak perusahaan manufaktur di Malaysia gulung tikar. Pemerintah Malaysia memprediksi kondisi itu memaksa perusahaan mengurangi 30 persen pekerjanya. Celakanya, lebih dari 300 ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia bekerja di sektor manufaktur.

''Karena penurunan order produksi di sana kurang lebih 30 persen, prediksi Dubes RI di Malaysia, sekitar 100 ribu orang akan dipulangkan. Tapi, itu belum terjadi,'' ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Soeparno di Jakarta, Kamis (5/2).

Saat ini, lanjut dia, yang melapor secara resmi akan dipulangkan baru sekitar 10 ribu orang. ''Jadi, (pemulangan) 100 ribu orang TKI itu tidak masal, tapi dilakukan secara bertahap sesuai jadwal masing-masing perusahaan,'' tambahnya.

Karena pemulangan TKI dilakukan sebagai dampak krisis global, pemerintah Indonesia tidak bisa mencegah. Pemerintah hanya akan memastikan seluruh hak TKI dipenuhi sebelum dipulangkan. ''Termasuk hak untuk mendapatkan bantuan transpor untuk pulang ke tanah air,'' urainya.

JAKARTA - Krisis keuangan global mengakibatkan banyak perusahaan manufaktur di Malaysia gulung tikar. Pemerintah Malaysia memprediksi kondisi itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News