Malaysia Tahan 100 Pemeluk Syiah

Malaysia Tahan 100 Pemeluk Syiah
Malaysia Tahan 100 Pemeluk Syiah
KUALA LUMPUR - Di Malaysia, negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, warganya bebas menjadi Kristiani, Buddha, ataupun penganut Hindu. Tapi tidak dengan Syiah.

   

Beberapa pekan terakhir, polisi syariah Malaysia gencar melakukan operasi penggerebekan sejumlah tempat yang diduga dijadikan pusat kegiatan warga Syiah. Yang terbesar terjadi bulan lalu, polisi menggerebek rumah toko tiga lantai dan menahan 100 orang Syiah. Saat ditangkap, mereka sedang berkumpul memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad, yang meninggal pada 680 Masehi.

Penggerebekan pada 15 Desember lalu adalah yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Langkah represif aparat tersebut menciptakan ketakutan tersendiri di kalangan pemeluk Syiah yang terus berkembang di Negeri Ringgit tersebut. "Malaysia sepertinya akan menjadi sebuah negara ala Taliban yang hanya memperbolehkan satu aliran pemikiran," ujar seorang ulama ternama Asri Zainul Abidin seperti dilansir Associated Press, Jumat (14/1)

   

Meski dikenal mempunyai reputasi baik dalam hal toleransi beragama, Malaysia justru menunjukkan sebuah citra diskriminasi selama beberapa tahun belakangan. Pemerintah hanya mengakui satu aliran agama Islam, yakni Suni. Sementara semua aliran lain, termasuk Syiah, sekte terbesar kedua di dunia, dilarang.

KUALA LUMPUR - Di Malaysia, negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, warganya bebas menjadi Kristiani, Buddha, ataupun penganut Hindu. Tapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News