Mayoritas Daerah Belum Siap Hadapi Bencana

Pemda Harus Segera Bentuk BPBD

Mayoritas Daerah Belum Siap Hadapi Bencana
Mayoritas Daerah Belum Siap Hadapi Bencana
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa banyak Pemerintah Daerah (Pemda) di Indonesia yang belum siap menghadapi bencana sekalipun daerahnya termasuk rawan bencana. Pasalnya, dari 530 kabupaten/kota di Indonesia ternyata baru 171 daerah saja yang membentuk sudah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Hal itu diungkapkan Direktur Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Wijaya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (30/10). Menurutnya, dari 33 provinsi yang ada saja belum semuanya memiliki BPBD. "BPBD baru terbentuk di 29 dari 33 provinsi," sebutnya.

Bahkan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogkyakarta yang saat ini tengah bencana dilanda letusan Gunung Merapi, kata Wisnu, ternyata  belum memiliki BPBD. Padahal, kata Wisnu, Pemda menjadi penanggung jawab utama dalam penaggulangan bencana.

"Sesuai arahan dari Bapak Presiden bahwa penanggung jawab utama penanggulangan bencana adalah Pemerintah kabupaten/kota. Kemudin provinsi memberi dukungan dan tidak mengambil alih kewenangan kabupaten/kota. Pusat juga datang memberi bantuan," kata Wisnu.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa banyak Pemerintah Daerah (Pemda) di Indonesia yang belum siap menghadapi bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News