Memanjakan Diri dengan Keindahan Pasir Putih di Pantai Lumban Bulbul, Kabupaten Toba

Memanjakan Diri dengan Keindahan Pasir Putih di Pantai Lumban Bulbul, Kabupaten Toba
Pantai Lumban Bulbul merupakan salah satu objek wisata di kawasan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Foto: Antara

jpnn.com, TOBA - Kawasan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, punya hal menarik untuk menggaet wisatawan, baik domestik dan mancanegara.

Salah satunya adalah Pantai Lumban Bulbul yang menawarkan keindahan pasir putih.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Agus Karo-Karo mengatakan, wisata Lumban Bulbul menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Toba.

"Pantai dengan pesona pasir putih serta pemandangan perbukitan dan pepohonan yang mengelilingi Danau Toba ini juga dilengkapi beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan," ujar Agus di Toba, Kamis (25/2).

Menurut dia, beberapa fasilitas rekreasi ditawarkan di objek wisata tersebut, antara lain wahana air seperti banana boat dan perahu atau solu-solu yang dapat disewa untuk berkeliling di sekitar Danau Toba.

Ada juga gerai toko aksesoris tradisional yang menjual aneka pernak-pernik oleh-oleh.

"Fasilitas lainnya yakni wahana bermain bagi anak-anak seperti papan loncat, ayunan dan lain sebagainya," papar Agus.

Agus mengatakan, untuk memastikan kenyamanan para wisatawan, Pemerintah Kabupaten Toba juga melatih para pelaku industri kreatif di Pantai Lumban Bulbul. Mereka dilatih untuk menerapkan sertifikasi protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability atau CHSE.

"Kami sudah mendampingi dan melatih para pelaku industri kreatif ini untuk memenuhi standar CHSE guna menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan," katanya.

Di sekitar Pantai Lumban Bulbul juga disediakan beberapa pondok untuk beristirahat. Selain itu, terdapat rumah-rumah para warga setempat yang dijadikan sebagai homestay bagi para wisatawan yang ingin bermalam.

Para pengelola homestay di kawasan Pantai Lumban Bulbul mewajibkan para wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan. Berbagai fasilitas juga disediakan seperti tempat mencuci tangan yang dilengkapi dengan hand sanitizer.

"Di homestay ini juga kita lengkapi fasilitas CCTV. Jadi selain memberikan kenyamanan, kita juga memberikan rasa aman bari para wisatawan yang akan bermalam di sini," kata salah seorang pengelola homestay, Berton Simangungsong.

Keindangan alam Pantai Lumban Bulbul akan terlihat lebih indah saat menjelang sore hari di mana matahari mulai tenggelam.

"Warna langit yang berubah menjadi kemerahan berpadu dengan jernihnya air laut yang memantulkan kemerahan warna langit membuat pantai ini kian menakjubkan," pungkas Berton. (antara/jpnn)

Pantai Lumban Bulbul, di Kabupaten Toba jadi wisata domestik yang sangat diminati masyarakat. Banyak hal menarik yang bisa memanjakan wisatawan yang berkunjung. Simak selengkapnya


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News